Pages

Mengenal Konsep dan Kelebihan Viral Marketing

Jika anda seorang SEO (Search Engine Optimization) master ataupun ahli internet marketing pastinya viral marketing adalah salah satu teknik pemasaran/ marketing yang anda ketahui. Viral marketing sendiri dapat dijelaskan sebagai teknik pemasaran/ marketing dengan tujuan meningkatkan awareness suatu brand ataupun tujuan pemasaran lainnya menggunakan media sosial yang ada.

Viral marketing menggunakan penerima pesan/ iklan/ advertisement sebagai jaringan untuk menyebarkan pesan pemasaran suatu bisnis online. Bentuk komunikasi/ pesan tersebut sendiri dapat berbentuk berita, foto, video dan lain-lain  yang dapat di-share atau diteruskan menggunakan email  atau media sosial.

Sebagai contoh dari pemasaran/ marketing viral( viral marketing) ini dapat anda lihat dari banyaknya video promosi yang tersebar di beberapa media sosial ataupun situs hiburan seperti Youtube.

Selain itu, media lain seperti e-book juga dapat digunakan sebagai viral marketing. Jika anda memiliki suatu website e-commerce, anda dapat mencoba membagikan e-book terkait informasi tertentu secara gratis yang dapat diteruskan penerima e-book tersebut. E-book yang di-share oleh pengunjung website anda yang mengunduh atau membagikan pada website anda adalah sebuah viral marketing media yang dapat meningkatkan traffic/ lalu lintas kunjungan ke situs website e-commerce anda.

Untuk melakukan viral marketing/ pemasaran viral, ada beberapa konsep yang harus anda pahami terlebih dahulu sebagai dasar. Adapun beberapa faktor tersebut adalah:

*Pembawa pesan/media/ content
Untuk menerapkan strategi viral marketing, anda tentu akan membutuhkan media untuk menyampaikan pesan komersil yang mengarahkan audience/ target pada produk  ataupun website anda. Media penyampai pesan tersebut dapat berupa gambar, video, e-book ataupun pesan email.

*Mekanisme penyebaran pesan
Dalam menyebarkan viral media atau content, anda dapat mengguakan email, tautan link atau website tergantung dengan jenis promosi yang anda fokuskan.

*Memberikan timbal balik pada penyebar pesan
Sama halnya dengan menyewa jasa makelar, anda disarankan memberikan timbal balik pada pihak yang men-share/ menyebarkan viral content miliki anda.

*Penyediaan ruang untuk menyebarkan pesan/ viral content
Untuk menyebarkan viral content, anda membutuhkan space atau jaringan untuk menyebarkan pesan viral tersebut. Anda dapat menggunakan komunitas, grup ataupun jejaring sosial untuk menyampaikan pesan viral yang anda buat untuk bisnis anda.
Penggunaan viral marketing sebagai sarana atau strategi pemasaran sendiri dapat dikatakan langkah yang sangat efektif dalam mempromosikan suatu brand, produk ataupun website. Viral marketing menyajikan beberapa kelebihan seperti:
•Penyebaran informasi yang sangat cepat dikarenakan menggunakan akses internet.
•Pesan/ viral marketing content dapat dilihat/ dibaca oleh banyak orang di penjuru dunia.
•Biaya marketing/ pemasaran yang terbilang cukup murah( sebagai contoh, penerapan viral marketing dengan menggunakan hotmail hanya membutuhkan biaya $500.000 dengan target pemasaran yang dapat didapat hingga 10 juta pengguna hotmail dalam kurun waktu satu tahun.

Viral marketing dapat dikorelasikan dengan brand atau produk yang telah terkenal.

TNC Digital Media

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar