Pages

Mengenal Affiliate Marketing dan Cara Kerjanya


Pada saat ini, internet marketing merupakan bentuk strategi bisnis yang saat ini banyak difavoritkan oleh para entrepreneur. Internet marketing memungkinkan para pebisnis meningkatkan jangkauan promosi ataupun branding/ pengenalan atau produk yang ditawarkan oleh bisnis yang tengah dijalankan.

Dengan menggunakan atau menerapkan internet marketing sebagai rencana/ planning bisnis, anda dapat mendapatkan promosi yang maksimal dengan budget yang terbilang kecil. Salah satu jenis internet marketing yang sangat dikenal di dunia internet adalah affiliate marketing.Untuk anda yang belum tahu apa affiliate marketing ini sebenarya, berikut ini sedikit penjelasannya.

Affiliate marketing dapat dikatakan sebagai metode pemasaran yang sebenarnya sebelumnya sudah dikenal secara konvensional. Secara konvensional, Affiliate ini disebut juga dengan pemasaran dengan menggunakan jasa perantara.  Jenis marketing ini pada umumnya banyak digunakan oleh pebisnis website e-commerce/ toko online untuk mengarahkan konsumen ke website e-commerce mereka/ toko online mereka sebagai landing page.

Menggunakan affiliate marketing sebagai cara untuk growing business up/ mengembangkan bisnis anda dapat dikatakan merupakan cara yang amat tepat, terutama untuk pebisnis yang mempunyai website e-commerce/ toko online sendiri. Affiliate marketing dapat memperkuat posisi website e-commerce/ toko online anda dalam pencarian search engine atau secara tidak langsung merupakan penunjang SEO(Search Engine Optimization) yang baik.

Namun bagaimanakah sistem kerja affilate marketing ini?, bagian ini akan sedikit menjelaskan mengenai hal tersebut. Tentu affiliate marketing akan melibatkan marketer(affiliate marketer), tugar utama dari marketer ini adalah mencari visitor sebanyak-banyaknya untuk website e-commerce/ toko online yang dipromosikan(website milik merchant).

Promosi berdasarkan affiliate marketing ini dapat dilakukan menggunakan berbagai macam cara seperti promosi berbayar menggunaan jasa PPC(Pay Per Click), Google adwords(platform periklanan Google) dan banner advertisement/ iklan banner. Namun yang perlu anda ketahui bahwa tidak semua media promosi tersebut memiliki efektifitas yang sama, hal tersebut juga ditentukan oleh jenis produk apa yang anda tawarkan .

Cara kerja affiliate marketing terbilang cukup sederhana dimana affiliate marketer akan melakukan promosi dengan website e-commerce/ toko online merchant( penjual online) sebagai landing page/ tujuan melalui berbagai sarana yang telah disebutkan sebelumnya(banner, Google adwords, PPC dll). Affiliate marketer akan mendapatkan bayaran untuk setiap pembelian produk yang dilkukan melalui promosi yang affiliate marketer lakukan. Namun bagaimana penjual online/ merchant bahwa kostumer/ pembeli tersebut datang dari promosi yang anda lakukan?

Untuk bagian itu, hal tersebut dapat diketahui melalui sebuah link yang diberikan affiliate marketer oleh link khusus( affiliate link). Dari link inilah website e-commerce/ toko online merchant(penjual online) dapat memberikan notifikasi apabila anda permintaan/ order dari affiliate link milik marketer. Menjadi affiliate marketer sendiri terbilang sebagai pekerjaan yang cukup menjanjikan, apabila seorang makelar mendapatkan komisi penjualan hanya berkisar maksimal 10 %. Affiliate marketer berpulang mendapatkan komisi pada range 25 hingga 80% dari penjualan produk.

TNC Digital Media

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

1 komentar:

  1. Dengan bisnis yang menggunakan konsep program affiliate marketing memang menarik disamping kita bisa mendapatkan penghasilan sampingan tambahan tetapi juga menambah wawasan tentang bagaimana teknik pemasaran online yang menguntungkan.

    BalasHapus