Pages

Langkah Menyusun Strategi Internet Marketing



Marketing adalah salah satu bagian yang teramat penting dalam menjalankan sebuah bisnis, marketing dapat dikatakan sebagai jiwa dari bisnis yang anda jalankan. Tanpa menggunakan sarana marketing yang tepat, besar kemungkinan bahwa bisnis yang anda jalankan akan berakhir dengan kegagalan alias bankrut.

Marketing sendiri dapat diartikan sebagai cara anda mengkomunikasikan nilai dari brand ataupun produk yang anda tawarkan. Definisi lain juga menjelaskan bahwa marketing adalah strategi untuk mencapai tujuan suatu bisnis yang dijalankan. Jika bicara mengenai marketing, sebenarnya  sangat banyak jenis marketing yang digunakan oleh para pebisnis hari ini, mulai dari promosi fisik seperti pembuatan flyer ataupun brosur hingga promosi menggunakan media internet/ internet/ digital marketing.

Namun pada bagian ini, internet marketing akan menjadi fokus pembahas utama. Internet marketing banyak diklaim sebagai bentuk sebenarnya dari marketing. Seperti namanya, internet marketing adalah strategi pemasaran yang menggunakan akses internet sebagai media. Untuk melakukan atau menerapkan internet marketing sebagai business planning/ rencana bisinis, anda harus memiliki pemahaman yang baik mengenai SEO(Search Engine Optimization), Social Media Marketing, affiiate marketing, content marketing, blog marketing, email marketing  dan juga SEM(Search Engine Marketing).

Dalam menerapkan internet marketing yang baik dan efektif, merencanakan strategi adalah langkah yang harus yang anda pikirikan selain pemahaman tentang sejumlah poin yang telah disebutkan sebelumnya. Berikut ini adalah langkah-langkah dalam menyusun strategi internet marketing:

*Pembuatan nama brand
Nama dan desain brand dapat dikatakan sebagai poin yang akan menjadi identitas produk anda serta menggambarkan visi dari brand atau produk anda. Buatlah dan desainlah nama serta desain brand yang dapat diingat dengan mudah oleh para target marketing anda/ audience.

*Menganalisa kompetitor
Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam bisnis pastinya ada brand kompetitor yang menawarkan jasa atau produk yang sama dengan yang anda tawarkan. Namun anda dapat mengambil keuntungan dari hal tersebut dengan membaca cara mereka melakukan pemasaran produk mereka dan melihat apakah strategi tersebut bekerja dengan baik. Dengan begitu, anda dapat menciptakan strategi pemasaran/ marketing yang lebih baik dibandingkan dengan kompetitor anda.

*Membuat strategi pemasaran
Jika anda memilik pemahaman lebih mengenai sejumlah poin yang pernah diurai sebelumnya mengenai SEO(Search Engine Optimization), SEM(Search Engine Marketing) dan lain-lain, anda akan lebih muda dalam merancang strategi pemasaran anda. Berikut ini beberapa ini beberapa strategi pemasaran yang dapat anda aplikasikan:
•SEO(meningkatkan visibilitas website e-commerce/ toko online anda di mesin pencari/ search engine)
•SEM(meingkatkan traffic website anda secara massive, pada umumnya hal ini terkait dengan penggunaan iklan seperti Google Adwords)
•Email marketing( mengirimkan email berisi konten promosi terkait brand dan produk anda kepada calon konsumen)
•Social media( memasarkan dan memperkenalkan brand atau produk anda menggunakan social media, anda dapat mencoba berbagai cara terkait hal ini seperti menggunakan Facebook Ads, membuat fanpage facebook ataupun Twitter Ads).

*Melakukan pendataan marketing
Anda sangat disarankan untuk mendata setiap kegiatan marketing anda, anda dapat menggunakan Google Analytic untuk bagian ini.

Unknown

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

1 komentar: