Pages

Mengenal Cara Kerja SEM (Search Engine Marketing)


Perjalanan dan kemajuan teknologi saat ini telah membawa banyak perubahan dalam banyak hal, termasuk dalam hal bisnis. Jika bicara bisnis, maka kata yang pastinya akan terpaut untuk dibahas adalah promosi , branding/ pengenalan produk ataupun marketing. Sebelumnya, ketiga poin terkait bisnis yang disebutkan sebelumnya hanya dilakukan secara konvensional seperti dengan cara pembuatan brosur, flyer ataupun pamflet. Namun dengan perkembangan teknologi seperti saat ini dimana akses internet bukanlah lagi barang mewah, kegiatan promosi, branding ataupun marketing tersebut dapat dilakukan dengan mudah melalui gadget, komputer bahkan smartphone dengan website sebagai basisnya. Sehingga sangatlah wajar, jika bisnis dengan menggunakan website alias toko online hingga saat ini masih diklaim sebagai bisnis yang amat menjanjikan. Anda dapat contoh keberhasilan bisnis berbasis website pada sejumlah website e-commerce seperti Tokopedia, Lazzada hingga yang terbaru bukalapak.com.

Namun memiliki website saja belumlah cukup untuk memulai sebuah startup/ toko online, website anda haruslah memenuhi persyaratan SEO(Search Engine Optimization) yang baik atau SEO(Search Engine Optimization) friendly untuk dapat dengan mudah ditemukan pada pencarian Search Engine. Akan tetapi, penerapan SEO(Search Engine Optimization) saja belumlah cukup untuk membuat suatu website optimal. Terdapat teknik optimisasi lain yang harus dilengkapi pada website jika anda menginginkan peringkat yang baik dalam pencarian search engine, teknik tersebut dikenal dengan nama SEM (Search Engine Marketing). Tetapi Apa sih sebenarnya SEM ini dan bagaimana cara kerjanya?

SEM adalah teknik marketing untuk mempromosikan sekaligus menaikan traffic website ataupun kunjugan pada halaman produk pada website anda. Teknik ini menggunakan jasa periklanan/ advertisement untuk membantu mempromosikan website ataupun produk yang anda tawarkan. Bentuk iklan/ advertisement dapat berupa tulisan/ bannner, gambar ataupun video yang akan mengarahkan internet user ke website anda sebagai landing page iklan.

Jasa advertisement/ periklanan yang digunakan sendiri terbilang cukup banyak, bahkan Google juga menyediakan jasa periklanan semacam ini yang dikenal dengan nama Google Adwords. Selai itu juga masih ada jasa periklanan / advertisement lainnya seperti Facebook Ads, Bing, Yandex, Baidu, Ask dan masih banyak yang lainnya.

Untuk cara kerja yang digunakan untuk SEM(Search Engine Marketing) ini, anda harus mendaftar sebagai anggota pada salah jasa advertisement/ periklanan yang anda pilih( memiliki personal account), kemudian anda dapat mulai merancang jenis iklan apa yang ingin anda pilih. Untuk pembayarannya, anda akan dikenakan biaya iklan dengan 2 macam ketentuan sesuai dengan pilihan iklan anda. Adapun 2 macam ketentuan tersebut adalah:

Jenis iklan PPC(Pay Per Click)
Menggunakan jenis iklan ini, anda harus membayar setiap klikan ke akses landing page iklan anda( menuju website anda).

Jenis iklan PPI(Pay Per Impression)
Sedikit berbeda dengan PPC, anda hanya akan dikenakan bayaran untuk setiap kunjungan ke website anda melalu iklan anda(melihat website anda dengan berbagai ketentuan seperti lama kunjungan ataupun yang lainnya).

TNC Digital Media

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

1 komentar:

  1. This can be done by 2 activities they are technical activities and marketing activities. seo company for small business

    BalasHapus