Pages

Jenis-Jenis Bisnis E-Commerce

Semakin majunya teknologi membuat kegiatan belanja saat ini tidak harus dilakukan dengan sistem tatap muka atau bertemu, inilah yang merupakan konsep dasar dari munculnya bisnis e-commerce. Jika didefinisikan, bisnis e-commerce adalah sebuah bisnis yang dijalankan melalui media jaringan komputer/ internet dengan transaksi pembayaran yang dilakukan secara online seperti transfer bank ataupun transfer PayPal(Kata e-commerce sendiri memiliki arti perdagangan elektronik).

Bisnis e-commerce saat ini dapat dikatakan sebagai trend bisnis sekaligus gambaran bisnis masa depan yang menawarkan kemudahan pemesanan bagi para konsumer. Untuk menjalankan bisnis e-commerce, sudah pasti hal yang diperlukan adalah media internet, komputer serta sebuah website yang berperan sebagai toko online yang akan menampung pesanan dan juga hal lain yang terkait dengan konsumer.

Masuk lebih dalam mengenai bisnis e-commerce, bisnis e-commerce ini juga memilki beberapa jenis yang berbeda bergantung dasar klasifikasinya dan berikut klasifikasinya:

Klasifikasi bisnis E-commerce berdasarkan jenis yang dijualkan
•Barang fisik(buku, gadget, baju dll)
•Barang digital(e-book, music, software, video dll)
•Jasa/ Layanan(tiket, asuransi,pembuatan artikel atau website dll)

Klasifikasi bisnis E-commerce berdasarkan kategori

Business to Business
Jenis bisnis e-commerce business to business atau yang dikenal dengan istilah B2B adalah bisnis/ perdagangan elektronik( melalui media komputer dan juga jaringan internet) dimana pihak yang terlibat adalah sesama pebisnis. Analogi sederhananya adalah perusahaan bisnis melakukan kerja sama dengan pebisnis lain seperti distributor atau retailer/ pengecer. Harga yang diterapkan biasanya dapat dinegosiasikan dan diambil berdasarkan dengan jumlah pesanan. Jenis bisnis e-commerce yang satu ini terbilang sangat potensial dan dapat mendatangkan volume pesanan yang cukup tinggi.

Business to consumer
Jenis bisnis e-commerce B2C atau business to consumer adalah bisnis e-commerce dimana perusahaan/ pelaku bisnis menjualkan produk kepada masyarakat/ consumer melalui katalog dengan menggunakan software keranjang belanja yang banyak ditemukan di sejumlah website e-commerce. Business to consumer adalah bisnis e-commerce yang paling banyak ditemui saat ini, sebut saja beberapa diantaranya adalah Amazon, Lazzada, Zalora dan masih banyak lagi.

Consumer to Business
Sistem bisnis e-commerce ini dapat dikataka sedikit mirip dengan freelancer dimana pelaku konsumen proyek dengan sejumlah anggaran yang telah ditentukan secara online dan kemudian perusahaan yang menjadi penerima pengajuan proyek akan meninjau proyek tersebut serta melakukan penawaran.

Consumer to consumer
Saat ini terdapat banyak sekali situs yang memberikan penawaran iklan gratis ataupun lelang dimana tiap orang dapat dengan mudah melakukan jual dan beli secara langsung dengan sistem pembayaran online seperti paypal ataupun transaksi via bank, salah satu contoh situs yang sangat terkenal terkait dengan hal ini adalah e-Bay. Bisnis inilah yang dikenal dengan jenis bisnis e-commerce consumer to consumer atau yang disingkat dengan C2C, bisnis ini juga telah banyak digunakan di Indonesia seperti pada OLX dan juga Kaskus.

Sponsor
jasa pembuatan website









TNC Digital Media

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar