Pages

Tips Blogging Efektif Untuk Blog yang Bersifat Nonprofit

Meskipun memilliki potensi yang amat besar dalam menghasilkan uang, namun tidak semua aktifitas blogging ditujukan untuk hal komersil alias mencari keuntungan. Cukup banyak blog yang diperuntukan bukan untuk mencari keuntungan ataupun hal komersial, blog sejenis ini dikenal dengan istilah blog nonprofit. Blog yang bersifat nonprofit ini umumnya digerakan atau dikelolah oleh pihak atau organisasi nonprofit dengan tujuan untuk membuat para audience/ pembacanya lebih concern atau peduli dengan isu-isu yang diangkat oleh organisasi nonprofit terkait melalui konten di dalam blog tersebut.Biasanya organisasi nonprofit sendiri merupakan organisasi yang bersifat sosial, salah satu blog nonprofit yang cukup terkenal adalah beth’s blog.

Sponsor: buat website

Image result for Tips Blogging Efektif Untuk Blog yang Bersifat Nonprofit

Meskipun sifatnya yang tidak mengejar keuntungan materil atau dipergunakan untuk mendatangkan uang, namun bukan berarti blog yang bersifat nonprofit tidak membutuhkan traffic. Traffic tentu saja dibutuhkan demi eksistensi blog tersebut dan yang paling utama guna mencapai audience secara lebih maksimal.

Bicara mengenai blog yang bersifat nonprofit ini, carabisnisonline.co.id akan sedikit berbagi beberapa tips blogging efektif untuk nonprofit yang dapat membantu dalam peningkatan traffic suatu blog nonprofit. Berikut ini adalah ulasan selengkapnya yang disiapkan oleh tim carabisnisonline untuk anda:

Bahas hal-hal yang menjadi perhatian

Tips pertama terkait blogging untuk nonprofit yang perlu diketahui adalah bahaslah hal-hal atau isu-isu yang menjadi perhatian. Dalam mengembangkan blog komersil, membangun persona blog adalah salah satu PR besar yang harus dilakukan oleh bloggernya, dimana terdapat brand bisnis yang harus dikembangkan atau diangkat. Hal tersebut sebenarnya juga berlaku untuk blog yang bersifat nonprofit, dimana organisasi nonprofit terkait adalah brand yang harus diangkat atau dibangun personanya. Dikarenakan oleh itulah, sangat disarankan oleh blogger yang menjalankan blog yang bersifat nonprofit untuk memilih isu-isu apa saja yang akan dibahas atau diangkat di dalam blog nonprofit terkait. Tentu saja isu yang diangkat haruslah berhubungan atau dapat mencerminkan profile organisasi nonprofit terkait.

Setelah mengetahui dengan jelas mengenai isu-isu apa saja yang ingin diangkat, tahapan selanjutnya yang perlu dilakukan adalah membahas isu-isu tersebut melalui konten blog yang satu sama lainnya berhubungan( sesuai isu atau topik).

Berikanlah laporan dan juga cerita personal

Tips selanjutnya yang masih berkaitan dengan blogging efektif untuk nonprofit adalah berikanlah laporan dan juga cerita personal. Laporan atau cerita personal yang dimaksud sebelumnya adalah laporan atau cerita personal mengenai kegiatan maupun aktifitas organisasi nonprofit terkait. Sebagian besar blog nonprofit, terutama yang mengangkat hal sosial atau kemanusian hanya ajakan untuk berdonasi ke organisasi nonprofit terkait. Hal ini sebenarnya dapat dikatakan kurang efektif dalam pengembangan blog nonprofit itu sendiri.

Cara yang tepat dalam mengembangkan blog yang bersifat nonprofit adalah dengan juga memberikan laporan mengenai kegiatan dan juga alokasi dana yang diberikan pada organisasi nonprofit terkait, sehingga audience dan penyumbang mengetahui dengan jelas kegiatan yang dilakukan organisasi nonprofit terkait.

Sebagai contoh sederhananya, misalnya suatu organisasi sosial melakukan penggalangan dana untuk pembangunan perpustakaan pintar untuk anak kurang mampu di daerah terpencil, maka blogger blog nonprofit dapat menyajikan laporan mengenai progress pembangunan perpustakaan ataupun perbandingan sebelum dan sesudah perpustakaan tersebut dibangun.

Bangunlah komunikasi dua arah dengan pembaca

Salah satu hal mendasar dari blogging adalah menjadikan blog sebagai media komunikasi, sehingga sangatlah penting untuk membangun komunikasi 2 arah antara blogger/ organisasi nonprofit dengan pembaca. Dalam hal ini, selain menyajikan konten blog yang berkualitas dan juga berhubungan dengan organisasi maupun kegiatannya, blogger juga dapat membangun komunikasi 2 arah dengan meminta saran ataupun komentar melaui konten yang dipublish.

Unknown

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar