Pages

3 Tips Digital Marketing Untuk Usaha atau Bisnis Kuliner

Bisnis kuliner boleh dikatakan sebagai salah satu jenis bisnis yang kerap dipilih para pelaku bisnis, dikarenakan cerahnya prospek yang dijanjikan.  Prospek cerah dari bisnis kuliner ini didasarkan pada fakta bahwa jumlah masyarakat yang semakin bertambah yang berarti juga meningkatnya kemampuan konsutif. Di Indonesia sendiri, beragam bisnis kuliner, baik yang mengangkat makanan tradisional hingga western semakin bertumbuh. Dari data yang dihimpun pada tahun 2013 lalu, diketahui bahwa bisnis kuliner menyumbangkan kurang lebih 32,5% PDB(Produk Domestik Bruto) yang jika dirupiahkan akan berkisar 208,63 triliun rupiah.

Sponsor: jasa pembuatan aplikasi mobile
Image result for 3 Tips Digital Marketing Untuk Usaha atau Bisnis Kuliner

Sama halnya dengan jenis bisnis lainnya, membangun bisnis kuliner membutuhkan strategi marketing yang tepat, salah satunya adalah digital marketing. Digital marketing adalah salah satu strategi marketing yang dapat diandalkan dalam mempromosikan bisnis kuliner.  Dengan menerapkan digital marketing untuk mempromosikan bisnis  kuliner anda, maka anda akan dapat memperluas target pasar anda. Pertanyaannya, bagaimanakah cara untuk menggunakan digital marketing untuk memasarkan bisnis anda?.

Menjawab pertanyaan tersebut, tim carabisnisonline.co.id telah mempersiapkan jawabannya yang dirangkum di dalam beberapa tips berikut.

Brand yang bernilai jual

Brand adalah salah satu bagian penting dalam bisnis kuliner, brand dapat menjadi poin yang menarik perhatian calon konsumen untuk menikmati kuliner yang anda tawarkan. Di Indonesia sendiri, saat ini tengah booming penggunaan nama brand kuliner yang tidak biasa guna menarik perhatian konsumen. Beberapa contoh bisnis kuliner dengan nama brand yang eyecathing seperti Mie setan yang ada di Surabaya, nasi goreng jablay di Bandung, es kuburan mantan dan lainnya.

Di dunia maya, biasanya kuliner yang memiliki nama yang unik akan dengan cepat menjadi viral, terutama di social media. Untuk itu, sebaiknya anda mempertimbangkan dengan baik nama brand bisnis kuliner yang akan anda promosikan melalui digital marketing ini. Pilihlah nama brand yang kiranya memiliki nilai jual dan eyecathing, sehingga dapat memancing rasa penasaran calon konsumen. Selain itu, anda juga harus memperhatikan desain logo bisnis kuliner anda. Desain logo yang unik akan dapat membuat bisnis kuliner anda lebih familiar di pasar. Lihat saja contohnya, McD yang terkenal dengan logo badutnya atau KFC dengan logo pria tua.

Menu andalan

Salah satu hal penting dalam mempromosikan bisnis kuliner melalui digital marketing adalah menetapkan menu andalan bisnis kuliner anda. Menetapkan menu andalan ini menjadi sangat penting demi memfokuskan promosi digital bisnis kuliner anda. Dalam digital marketing, anda hanya dapat menonjolkan satu produk saja guna membuat penyampaian informasi lebih optimal.

Sebagai contoh dari penerapan poin ini, anda dapat mencontoh beberapa bisnis kuliner terkenal seperti McD yang menonjolkan menu burger-nya ataupun KFC yang terkenal dengan paket fried chicken-nya.

Membangun website bisnis kuliner anda

Bicara mengenai digital marketing, tentu keberadaan website e-commerce sebagai sarana promosi pastinya terkait. Meskipun website e-commerce umumnya digunakan untuk promosi dan penjualan produk di luar kuliner, namun website e-commerce juga dapat dipergunakan untuk mempromosikan bisnis kuliner, walau penggunaannya sedikit berbeda.

Untuk website e-commerce bisnis kuliner, biasanya anda tidak perlu menambahkan fitur e-commerce di dalamnya. Penggunaan website e-commerce untuk bisnis kuliner ini hanya ditujukan untuk memberikan informasi produk kuliner anda dan menarik perhatian konsumen.

TNC Digital Media

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar