Pages

Teknik Optimisasi SEO Onpage


Jika bicara mengenai website, maka SEO atau yang juga akrab dikenal dengan Search Engine Optimization adalah hal yang tidak dapat dilepaskan dari hal tersebut. Untuk anda yang belum paham atau merupakan pemula dalam menjalankan website, SEO( Search Engine Optimization) adalah teknik peningkatan traffic pengunjung pada suatu website atau blog. Teknik SEO
(Search Engine Optimization) sendiri terbagi menjadi 2 yaitu:
•SEO onpage
•SEO offpage

Namun untuk bagian kali ini, pembahasan akan lebih difokuskan pada SEO onpage. SEO onpage sendiri merupakan jenis SEO( Search Engine Optimization) yang difokuskan pada melakukan setting tertentu pada halaman website untuk meningkatkan traffic/ kunjungan di suatu website. Jenis teknik SEO seperti biasanya diterapkan pada 2 bagian website yaitu head dan body.

*SEO pada head website
SEO pada head website ini terbagi atas 2 elemen penting yaitu :

•Setting pada title tag
Pada saat anda menerapkan optimisasi SEO, pastikan anda mendahuluinya dengan kata keyword terlebih dahulu kemudian baru diikuti dengan produk atau brand yang anda ingin angkat. Dalam pemilihan dan peletakan kata kunci sendiri, anda harus membatasi jumlah keyword/ kata kunci yang anda cantumkan. Hal itu dikarenakan, jika semakin banyak keyword yang anda cantumkan maka semakin kecil pula persentase Google atau search engine lainnya menemukan title website anda.
Selain itu, anda juga harus benar-benar consider/ mempertimbangkan panjang title yang akan gunakan. Anda disarankan untuk menggunakan maksimal 7 kata untuk title anda untuk mengoptimisasi website anda.

•Setting  pada meta description
Elemen lain yang juga terkait dengan SEO pada head website adalah setting meta description, setting pada meta description mungkin akan sedikit membingungkan untuk anda yang belum terlalu mahir denga website namun elemen ini sangat penting dalam optimisasi SEO head website.
Setting meta description sendiri ditujukan untuk anda yang ingin websitenya mengusai lebih banyak keyword/ kata kunci. Anda dapat menyeting meta description website anda dengan melakukan pembahan elemen-elemen kata kunci/ keyword sekunder sebanyak maksimal 150 karakter pada meta description website anda. Sebagai tambahan untuk anda yang belum mengerti mengenai kata kunci utama dan sekunder, kata kunci utama dapat dijelaskan sebagai kata kunci/ keyword dengan persaingan tinggi dan membutuhkan poin yang lebih. Sedangkan kata kunci sekunder adalah kata kunci/ keyword yang tingkat persaingannya rendah dan hanya membutuhkan sedikit poin.

*Setting SEO pada body website
Optimisasi SEO ini adalah merupakan tahap lanjutan dari optimisasi SEO pada head website yang dilakukan sebelumnya( mengecek apakah title tag yang diubah sebelumnya telah sesuai dengan tampilan browser).
Setting SEO pada body website ini pada umunya terkait dengan beberapa hal seperti:

•Melakukan perbaikan struktur halaman website
Dari beberapa sumber pelaku SEO, cara paling baik untuk memperbaiki struktur halaman website adalah dengan menempatkan artikel-artikel pada halaman pertama artikel sehingga artikel akan lebih terlebih dahulu dirayap oleh robot. Anda juga baiknya menggunkan template website yang sederhana dan responsive sehingga dapat menyesuaikan dengan pencarian melalui gadget.

•Penerapan Heading
Heading merupakan kode yang dipergunakan untuk menandai judul halaman, judul artikel dan poin yang dibahas oleh artikel. Dalam menggunakan heading ini, hal yang perlu anda perhatikan adalah bahwa heading hanya boleh muncul hanya sekali( pencantuman hanya sekali) pada suatu website dan selalu pastikan bahwa anda menggunakan title tag dalam penggunan heading ini.

•Penerapan Link
Dalam penggunaan link untuk optimisasi SEO, berikut ini adalah poin yang harus anda perhatikan:
1.Memastikan anda tidak menyediakan link website menuju website lain sebelum meletakan/ mencantumkan link artike anda.
2.Meletakan link halaman penting pada bagian header.
3.Memastikan link dicantumkan hanya berkaitan dengan halaman-halaman artikel anda.
4.Untuk website yang masih baru, usahakan jumlah link berjumlah dibawah 100 di setiap halaman website anda.

•Jumlah kata pada artikel
Google ataupun mesin pencarian lannya pada umumnya menampilkan halaman-halaman/ artikel dengan jumlah pembahasan/ kata sebanyak 900 kata lebih. Untuk bagian ini, penempatan beberapa kata kunci pada pembahasan/ artikel yang anda posting adalah poin lain yang cukup penting( SEO artikel).

TNC Digital Media

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar