Pages

Ilmu Dasar SEO, Mengenal Cara Kerja Mesin Pencarian Google



Ilmu Dasar SEO, Mengenal Cara Kerja Mesin Pencarian Google

Apakah saat ini anda tengah membangun sebuah website yang ditujukan untuk suatu kepentingan, entah kepentingan bisnis ataupun kepentingan yang lain?, jika benar, maka anda sebaiknya membaca ulasan berikut yang dapat membantu pembangunan website anda. 

Jika bicara mengenai membangun sebuah website tertentu, pasti kata yang terlintas di benak para penggerak website adalah mengoptimisasi keberadaan website mereka dengan menerapkan SEO( Search Engine Optimization). Hal tersebut memanglah hal yang benar dimana SEO (Search Engine Optimization) merupakan teknik untuk meningkatkan traffic/ lalu lintas pengunjung ke suatu website. Namun sebelum masuk ke tahap SEO yang terkait dengan pensettingan pada website, user website harus mengetahui terlebih dahulu cara kerja mesin index/ pencarian internet seperti Google. Hal ini dapat dikatakan sebagai langkah SEO dasar yang wajib diketahui oleh orang yang menjalankan website atau blog dan berikut adalah cara kerja mesin pencarian Google yang dimaksud:

Perayapan internet oleh Googlebot

Tujuan dari penggunaan search engine/ mesin pencari adalah untuk merayapi halaman-halaman yang memuat informasi yang anda inginkan dan gambarkan di dalam keyword. Googlebot/ mesin perayap Google inilah yang berperan merayapi dan mengumpulkan halaman-halaman yang kemudian akan disajikan pada internet user/ pengguna internet.
Namun tidak semua halaman yang dapat dirayapi Googlebot, halaman yang pemiliknya sengaja tidak mengijinka websitenya untuk ditemukan adalah salah satu diantaranya. Contoh halaman lain yang tidak dapat dirayapi oleh Googlebot adalah halaman website yang telah diproteksi atau diatur dengan meta robot( robot.txt) pada meta description-nya, bisanya hal ini ditujukan untuk alasan SEO.

Proses Indexing oleh Search Engine (Google)

Banyak orang telah merasa bangga ketika mereka yang baru me-running website mereka 3 hari yang lalu kemudian mendapatkan website mereka telah ditemukan pada mesin pencarian. Namun jujur, hal tersebut bukanlah hal yang istimewa. Proses indexing atau pengindeksan dapat dijelaskan sebagai proses dimaan Google( atau browser lain) menaruh halaman website yang telah dirayapi sebelumnya ke dalam database. Penyusunan ini akan didasarakan relevansi pada saat intenet user memasukkan kata kunci atau hal yang ingin dicari.

Hasil Penyajian Pencarian (Peringkat)


Seperti yang anda ketahui sebelumnya bahwa Google merayapi banyak halaman sehingga membuat Google memiliki banyak database, berikut ini akan membahas bagaimana Google menyajikan database-database yang telah disimpan tersebut.

Dalam pencarian Google, semua database yang disimpan oleh Google akan disusun dan dinilai oleh sistem yang disebut algoritma Google. Algoritma ini terbilang bermacam-macam hingga ada ratusan jenis yang berbeda. Namun jenis yang paling banyak dikenal adalah algoritma hummingbird dan algoritma spam. 

Jika dibahas, algoritma spam adalah algoritma yang mengambil salah satu paling penting dimana algoritma ini terbagi atas algoritam panda dan penguin.

Algoritma panda berperan dalam menilai kealamian/ keaslian isi kontent pada suatu halaman. Sedangkan algoritma penguin memainkan peran yang terkait backlink dimana algoritma ini akan menilai kealamian backlink pada suatu halaman. Ketika sebuah halaman tidak memenuhi kedua jenis algoritma spam ini, maka halaman tersebut akan mendapatkan penalty terkait dengan rankingnya di hasil pencarian Google.


TNC Digital Media

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar