Pages

Mengenal Fitur dan Kelebihan Android Marshmallow


Meskipun beritanya telah cukup lama tersebar di dunia maya, namun masih banyak yang masih belum update mengenai perlisan OS/ Operating System terbaru yang diluncurkan oleh Google yaitu Android Marshmallow. Android Marshmallow merupakan bentuk kelanjutan dari evolusi sistem operasi/ OS/ operating System untuk smartphone android dari versi sebelumnya, Android Lollipop.

Google I/O pertama kali memperkenalkan sistem operasi android ini pada tanggal 28 mei 2015 ini, namun secara resmi baru dirilis pada bulan agustus lalu. Marshmallow yang merupakan seri paling mutakhir saat ini untuk sistem operasi smartphone android memberikan hal baru dalam inkremental dan juga fitur yang ditawarkan. Fitur-fitur baru yang ditawarkan oleh sistem operasi android inilah yang membuatnya memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan lollipop ataupun OS Android terdahulu dan berikut ini beberapa keunggulan tersebut:

Memiliki Modus Doze
Modus doze dapat dikatakan hampir sama dengan fitur penghemat daya baterai yang dapat ditemukan pada smartphone android Sony, Samsung ataupun Huawei. Modus Doze ini dapat memperkecil penggunaan/ konsumsi daya baterai ketika smartphone berada dalam keadaan sleep/ standby. Fitur ini akan menonaktifkan sebagian besar aplikasi dibelakang layar secara otomatis, sehingga smartphone akan lebih hemat dalam penggunaan daya.

Support USB tipe C
USB tipe C adalah sebuah bentuk konektor baru yang kini telah banyak dijadikan salah satu spesifikasi unggulan dari beberapa jenis smartphone seperti Lenovo Zuk Z1 dan Oneplus 2. Android Marshmallow sudah diciptakan untuk dapat compatible dengan USB tipe C ini, sehingga memungkina smartphone dengan OS android Marshmallow dapat melakukan pengisian baterai 5 kali lebih cepat dengan menggunakan USB tipe C. Selain itu, Marshmallow juga membuat smartphone memiliki fungsi powerbank, dengan kata lain dapat mengisi daya baterai smartphone lainnya.

Fitur Android Pay
Salah teknologi atau fitur yang paling diunggulkan dari android marshmallow adalah Android Pay, Google merilis fitur ini agar dapat membuat android dapat bersaing dengan Apple yang telah memiliki fitur sejenis yaitu Apple Pay. Android Pay ini sendiri merupakan sebuah fitur yang mendukung pembayaran digital dengan support NFC/ Near Field Communcation. Android Pay ini sudah dapat dipergunakan di beberapa negara asia tenggara dan tidak menutup kemungkinan Indonesia akan juga mendapat kesempatan untuk menikmati kecanggihan fitur ini.

Fitur Sidik Jari
Memang fitur sidik jari memang sudah banyak dipergunakan oleh beberapa smartphone dengan standar keamanan yang berbeda-beda, namun secara resmi Google sendiri belum pernah meluncurkan secara resmi fitur keamanan berbasis pengenalan sidik jari. Dengan dirilisnya, Android marshmallow, Google telah resmi memberikan standarisasi pada smartphone dari segi keamanan data.

Itulah beberapa spesifikasi andalan berupa fitur terbaru yang ditawarkan oleh sistem Android Marshmallow.

TNC Digital Media

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar