Pages

Tips Menjadikan Viral Video Menjadi Media Promosi Online Efektif


Viral video adalah bagian dari teknik viral marketing yang beberapa tahun belakangan ini banyak digunakan untuk mempromosikan produk atau bisnis, anda dapat melihat contohnya langsung dari video bukalapak.com yang terkenal dengan plesetan nama Dian Satrowardoyonya hingga iklan OLX ataupun Lazzada. Kedua situs e-commerce besar tersebut menggunakan viral video untuk menaikan keopuleran situs  mereka dan hasilnya positif.

Untuk anda yang mungkin menginginkan bisnis online/ website e-commerce anda sesukses OLX ataupun bukalapak.com, menggunakan viral video sebagai sarana promosi dapat dikatakan ide yang cukup bagus. Namun anda harus tahu step/ langkahnya, agar viral video anda dapat menarik viewer/ audience dan juga customer untuk bisnis anda. Berikut ini adalah beberapa tips membuat viral video menjadi media promosi bisnis online yang efektif:

Maksimalkan penggunaan Youtube
Youtube mungkin dapat diibaratkan sebagai search engine kedua setelah Google, situs yang didominasi warna merah dan putih untuk background-nya ini adalah salah satu media terbaik untuk menyebarkan viral video. Cobalah upload viral video produk anda ke Youtube dan jangan lupa promosikan , maka kesempatan untuk viral video anda untuk dilihat jutaan orang akan terbuka lebar yang secara otomatis akan juga memberikan feedback positif pada website e-commerce anda.

Membuat channel anda sendiri
Mengupload viral video produk yang anda tawarkan ke Youtube bukanlah langkah yang cukup untuk proses growing up bisnis online anda, anda perlu membuat channel terkait brand atau produk anda sendiri. Hal ini akan memberi kemudahan pada audience untuk mengenal produk anda dan mempermudah proses marketing/ promosi brand ataupun produk yang anda tawarkan. Jangan lupa untuk membuat playlist pada channel bisnis anda agar memudahkan audience atau viewer untuk mengakses video lain dari channel anda.

Mengukur kesuksesan viral video anda
Dalam viral marketing, terutama yang menggunakan konten seperti gambar atau video, mengukur kesuksesan atau menganalisis seberapa efektif penyebaran viral yang anda lakukan adalah hal yang mutlak untuk dilakukan. Anda dapat mengukur seberapa efektif viral video anda dari sejumlah subscribe, viewer ataupun komentar pada video yang anda upload ke channel Youtube anda. Jangan sesekali menolak saran dari viewer anda, hal tersebut akan membawa pengaruh pada jumlah view dan juga subcriber anda. Dengan melakukan hal yang diurai sebelumnya, anda akan dapat menganalisis seefektif apakah viral marketing melalui video yang anda lakukan.

Membuat viral video anda menjadi trending
Viral ditujukan untuk sebuah langkah promosi atau marketing, maka semakin terkenal viral video anda maka semakin menjanjikan traffic kunjungan ke website e-commerce ataupun peningkatan angka penjualan produk anda. Anda dapat menggunakan media sosial seperti Google +, facebook, instagam dan twitter untuk sarana menyebarkan viral video anda,

Menggunakan iklan

Meskipun menggunakan strategi viral marketing denga menggunakan video, peran iklan harus tetap dimasukan dalam rencana marketing anda. Dengan menggunakan iklan, anda akan lebih mudah dalam menargetkan sasaran audience anda dan mengetahui apa yang mereka inginkan.

TNC Digital Media

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar