Pages

Pengecekan Broken Link Sebagai Bagian Website Maintenance


Melakukan website maintenance secara rutin atau berkala adalah hal wajib yang harus anda lakukan sebagai langkah perawatan dan pengembangan website anda. Website maintenance ditujukan untuk menjaga performa website agar tetap maksimal, sehingga dapat menarik lebih banyak internet user untuk datang ke website terkait. Alasan lainnya adalah bahwa kasus hacking dan juga kelumpuhan website dikarenakan serangan virus hingga saat ini masih dikatakan sangat tinggi. Website maintenance dapat membantu memperkecil resiko website anda akan mengalami hal tersebut.

Jasa Maintenance website sendiri umumnya ditawarkan oleh jasa hosting yang anda gunakan, namun bukan hal yang salah juga untuk mengetahui tentang apa saja yang dilakukan dalam website maintenance. Dalam proses maintenance website, salah satu hal yang pasti dilakukan adalah pengecekan broken link atau link rusak.

Broken link atau link rusak adalah link pada suatu website yang mengarah pada tautan/ halaman yang sudah tidak ada lagi / expire. Sebagai contoh kecilnya, anda membagikan sebuah link artikel yang anda nilai sangat menarik di website anda. Namun setelah beberapa bulan, author dari artikel tersebut menghapus artikel tersebut, alhasil link yang anda bagikan akan mengarah ke halaman yang sudah dihapus/ tidak ada lagi.

Keberadaan broken link atau link rusak pada suatu website tidak boleh dianggap sebagai suatu hal yang remeh, broken link/ link rusak dapat memberikan reputasi buruk pada website yang anda kelolah, dimana visitor website anda yang kecewa bisa jadi tidak akan mengunjungi website anda lagi, dikarenakan memberi link kosong/ rusak.

  • Selain memberikan dampak buruk dari segi reputasi website anda, broken link juga dapat berdampak buruk yang lain, meliputi:Mempengaruhi nilai SEO(Search Engine Optimization) pada website anda
  • Menurunkan peringkat website anda pada SERP(Hasil pencariaan search engine)

Itulah yang menjadikan pengecekan broken link selalu masuk dalam task website maintenance, namun bagaimanakah cara menemukan broken link/ link rusak pada suatu website?.

Jawabannya sangat sederhana, hal yang anda butuhkan hanya sebuah tools online yang dapat melakukan scan terhadap keseluruhan link yang ada di website anda.  Saat ini telah banyak situs yang menawarkan tools online untuk scanning broken link, salah satu yang cukup terkenal adalah broken link check. Yang perlu anda lakukan adalah mengunjungi situs resmi broken link check tersebut, kemudian submit URL link website yang anda kelolah dan klik tombol find broken links.

Setelah mengklik tombol tersebut, tool tersebut akan melakukan scanning terhadap semua link di website anda, proses ini umumnya memamakan waktu hingga  beberapa menit, tergantung dengan besarnya website yang anda jalankan. Usai proses scanning selesai, maka hasil scan broken link akan segera ditampilkan dalam bentuk URL dan anda telah dapat mulai menghapus broken link yang terdeteksi.

TNC Digital Media

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

1 komentar: