Pages

Mengenal Task Dalam Website Maintenance

Untuk beberapa alasan, melakukan website maintenance secara rutin bisa dibilang adalah hal yang sangat penting untuk sebuah website. Bila diibaratkan website sebagai rumah, makan website maintenance dapat dianalogikan sebagai kegiatan dekorasi dan bersih-bersih yang ditujukan untuk memperindah tampilan website dan membuat visitor lebih nyaman dalam menjelajah setiap konten yang anda sajikan didalamnya.

Dalam perawatan website(website maintenance) sendiri terdapat beberapa task(tugas/ hal) yang harus dilakukan, namun apa saja task website maintenance yang dimaksud sebelumnya?. Berikut ini task yang penting dilakukan dalam Jasa Maintenance website yang dimaksud sebelumnya:

Mengecek/ menguji kecepatan website anda
Penguujuan kecepatan website sendiri terkait dengan mengetahui kecepatan download dari website anda, hal ini amat penting, terutama untuk anda yang belum lama ini menambahkan fitur baru ke dalam website yang anda kelolah. Website dengan kecepatan loading halaman atau download yang lama umumnya akan membuat visitor website anda merasa tidak nyaman dan mungkin saja memutuskan untuk mencari situs website yang dapat menyajikan informasi yang sama namun dengan loading time yang lebih cepat.
Itulah mengapa pengecekan kecepatan situs anda adalah poin utama yang harus dilakukan dalam website maintenance. Dengan begitu, anda akan mengetahui kapan waktu untuk melakukan penyesuaian agar kecepatan muat halaman website anda menjadi lebih cepat(upgrade hosting).

Backing up data website anda
Melakukan back up data adalah salah satu task website maintenance yang wajib anda berikan perhatian lebih. Dala menjalankan website, bukan hal yang dapat diprediksi bahwa tiba-tiba server website anda mengalami error yang mengakibatkan sebagian besar data penting website anda hilang. Sebagai bentuk antisipasi akan kondisi itulah, back up data secara rutin amat diperlukan. Sehingga ketika website anda mengalami kondisi tersebut, maka anda akan memiliki copy atau back up data dari website anda. Back up data sangat disarankan untuk suatu website, apalagi jika website terkait adalah jenis interface online store.

Memeriksa adanya broken link pada website anda
Broken link dapat dikatakan sebagai link yang mengarahkan pada halaman yang sudah tidak ada lagi atau expired. Umumnya, jika anda mencantumkan suatu link ke suatu halaman, namun pengelolah halaman memutuskan untuk menghapus halaman tersebut, link itulah yang dimaksud dengan broken link. Keberadaan broken link dalam website dapat memberikan efek buruk pada visibilitas website anda di mata mesin pencari atau singkatnya broken link dapat mengurangi nilai SEO dari website anda.

Memantau terjadinya down pada situs website anda
Task website maintenance yang terakhir adalah memantau terjadinya down ada situs website anda. Seperti yang telah banyak disebutkan sebelumnya adalah situasi yang tidak dapat ditebak saat server website anda mengalami down. Namun hal ini sebenarnya dapat diantisipasi dengan memantau website anda secara rutin, yang anda butuhkan adalah sebuah aplikasi bernama SiteUp. Aplikasi ini akan bekerja di belakang layar komputer anda  dan melakukan pemeriksaan tehadap keadaan situs anda secara teratur. Sehingga ketika website anda mengalami down, maka aplikasi ini dapat memberitahu anda.

TNC Digital Media

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar